Alhamdulillah Beliau Tidak Setuju

Ternyata berbisnis memang tidak melulu masalah uang, ada sisi kemanusiaan, kredibilitas dam integritas disana.

Ada seorang pelanggan yang menghubungi kami melalui salah satu agen kami sekitar jam 9 pagi, menanyakan jadwal penerbangan Jakarta – Medan jam 1 siang di hari itu juga karena harus segera menemui istrinya yang mau melahirkan.

Langsung kami bookingkan 1 tiket pesawat Jakarta-Medan dengan posisi harga di Rp1.2jtan supaya tempatnya tidak diambil orang. Tapi kemudian beliau kontak kembali untuk merubah jadwalnya (mungkin karena jadwal yang di jam 1 siang itu posisi harga sudah tinggi) menjadi jam 5 sore. Setelah cek ternyata harganya masih ada di posisi Rp900rban dan beliau setuju dan kamipun langsung melakukan pembookingan.

Disini masalah mulai terjadi, dikarenakan keberangkatan dilakukan pada hari itu juga dan dalam tempo yg tidak terlalu jauh dari saat pesan, maka pergerakan kondisi posisi harga tiket (apalagi untuk harga promo) sangatlah cepat. Ketika proses booking selesai ternyata hasil bookingan menunjukan bahwa harganya sudah di Rp1.3jtan.

Kamipun segera menghubungi beliau untuk menginformasikan perubahan harga ini apakah mau dibatalkan ataukah langsung issued (konfirm pembelian). Tapi jawaban belum bisa kami terima dengan cepat. Saya bimbang, karena harus bermain dengan waktu, kalau kami tidak segera issued maka batas waktu booking akan segera habis (dikarenakan waktu keberangkatannya sudah semakin dekat) dan kalau ternyata batas waktu booking habis dan ternyata beliau OK dengan harga segitu maka kami harus booking ulang dengan resiko akan kehabisan harga yang segitu atau lebih parah lagi tidak kebagian tiket sama sekali.

Akhirnya saya putuskan untuk segera issued saja tiketnya dengan resiko saya kehilangan uang sekitar Rp400rb. Tapi kalau tidak saya issued resiko akan lebih besar lagi, beliau tidak bisa menemui istrinya dengan segera karena sudah kehabisan tiket dan nama baikKantataTour akan jelek dimata beliau.

Akhirnya beliau menghubungi kami dan alhamdulillah beliau tidak setuju dengan kenaikan harga tersebut. Ya sudah saya katakan harganya tetap Rp900rb dan kami segera SMSkan nomor bookingnya untuk dapat mencetak tiket dibandara (beliau sudah dalam perjalanan ke bandara saat itu).

Ini merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi karena kami juga masih baru dibidang ini. Mulai sekarang untuk menginformasikan harga, kami selalu mengatakan “Harga saat ini..” dan langsung melakukan booking untuk mendapatkan harga pastinya. Dan Kalau OK dan proses issued kami akan mengatakan “Cek ketersediaan tempat” sampai proses issued selesai dan tiket dicetak.

Semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi dan bisa melayani pelanggan lebih baik lagi. Semoga.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s